what’s in ur mind when u see this pic?

OBAMA/

ya ya. sosok yang paling rajin wara-wiri d media dewasa ini. sosok yg diharapkan dapat membawa perubahan perbaikan. janji presiden. bawaanya pgn ngucapin selamat, sampe2 ada tmn g yg manggil mas, papah (?!), oom dan sederet julukan kehormatan lainnya untuk seorang pemimpin negara adidaya dari ras yang dahulu ditindas.

tapi.. apa terlintas di pikran g ketika peristiwa bersejarah ini disiarkan live oleh banyak stasiun tv? yg g tangkap adalah euphoria. keriaan universal. mata2 yang berharap besar dan mulut yang berdecak kagum. pikiran dan perbincangan yg hampir sepenuhnya positif tentang masa depan Amerika dan masa depan dunia (loh ko dunia bisa dkecilkan hingga hanya “sebesar” Amerika ya? oia, dan juga masa depan Indonesia (yang jauhhh dan berbeda waktu setengah hari dr US xp)

bermula dari inauguration Mr. O kemarin, g penasaran apa comment tmn2 g tentang moment ini. dan ternyata baaanyaak sekali yang peduli dan penasaran juga, jadi hidup dan makna deh tu status FB, banyak tmn2 g yg kasi komentar cerdas nan menawan ttg Mr. O dan dampak yang mungkin akan diciptakannya. Dari dampak ekonomi sampai perdamaian, dari amerika yang lebih “soft” sampai persamaan derajat ras dan agama. wah wah

inagurasi yang hampir menyerupai ramainya woodstock itu memang amazing, krn sanggup membuat berjuta pasang mata rela menyaksikan, pdhl disana suhu minus dan disini malam skali tayangnya (bokap aja yg alergi tidur larut bela2in minta dibangunin!) ..

yang tampak lucu di mata g adalah ribut2nya bangsa ini yang berasa akan segera ditolong oleh sosok pemimpin baru, dan heboh berspekulasi tentang jalannya masa depan bangsa berkat pergantian kepemimpinan. Padahal point yg menarik bagi g adalah leadership dan komunikasi politiknya, ttg bagaimana obama dengan jeli melihat hal-hal plural yg dapat disampaikan secara universal dan mengena..kemampuan retorikanya, kepercayaan dirinya dan kharismanya yg dibentuk dari karakter berbagai budaya, dan kecerdasannya memenangkan moment pemilihan presiden negara adidaya shg terkesan membumi.

liat aja kata2nya waktu pidato: “change we belive in”, or ttg reputasi muslim yg dya komentari sbg:  “people judge you from what u can build, not what u can destroy”.. kena bgt kan? belum lagi penekanan ‘new age’,  dan toleransi  yg sangat kuat (MR. O  satu2nya pres  US yg menyebut semua agama dlm pidato pelantikannya) seolah memang itu yang dibutuhkan masyarakat dunia sekarang ini.  orang-orang tersihir akan pesonanya yang seakan berbicara person to person pada saat pidato. jadi, kegugupan waktu pembacaan janji, berkoar yg tak terlalu jauh dari pemerintahan sebelumnya (cz bush sat close to him) tekad yg hampir berkesan arogan tampak tak masalah dimata publik.

g sepakat dengan pendapat bbrp tmn g klo yg dibutuhin “orang kita” sekarang adalah mental yang dipupuk dan pendidikan yang diairi dengan baik. jadi, who knows probably someday kita pun akan kembali punya sosok seperti Soekarno (lokal aj dan sudah terbukti kemampuannya).

pihak rusia bilang mereka tak mau berharap banyak, krn kekecawaan terbesar datang dari harapan terbesar, katanya. sementara israel bilang semoga pertempuran ini bisa diakhiri. Well, kita lihat saja.. at least g bisa berusaha meyakinkan readers klo jangan sampai kita terjebak pada pemuliaan seorang figur lagi.  apalagi dlm politik. krn jelas yg bermain disana itu adalah sistem.  lets think  globaly act locally for our nation!

Advertisements